Home » Berita Media » Ratusan Siswa Ikuti “Ibsen Goes To School”

Ratusan Siswa Ikuti “Ibsen Goes To School”

Ratusan Siswa Ikuti “Ibsen Goes To School”

Jumat, 26 September 2014 11:55 WIB

¬†Palangkaraya (Antara Kalteng ) –Ratusan siswa-siswi SMAN 5 dan MAN Model mengikuti salah satu rangkaian event pementasan teater dari penulis kebangsaan Norwegia Hendrik Ibsen yang telah diadaptasi oleh Produser dan penulis Indonesia Faiza Mardzoeki berjudul Subversif!. Sebelumnya kegiatan yang dilaksanakan Ungu Institute, AMAN , dan Komunitas Palangkaraya dari support Norwegia tersebut FGD dan Workshop selama 3 hari 29-31 Agustus 2014.
” ini bertujuan untuk bagaimana sastra turut berperan dalam masalah sosial termasuk masalah lingkungan ” kata Faiza. Terpenting para siswa tersebut dibekali dengan pengetahuan tentang lingkungan agar paraanak muda tersebut sadar apa masalah dengan lingkungan serta tahu bagaimana cara mengatasinya.
” Karena itu di sini bagaimana sastra itu bisa berperan menjadi jembatan untuk mengangkat masalah lingkungan hidup ” Ucapnya.
Diakuinya selama kegiatan berlangsung , antusiasme siswa sangat baik. Terlebih rata-rata punya kemampuan untuk menulis, terlebih pengamatan terkait masalah lingkungan .
” Kita liat tadi ada yang membacakan puisisecara spontan, dia membicarakan tentang hutan, asap, dan tulisannya sangat bagus, punya nilai sastra ” tuturnya.
Harapan lanjut Faiza selain mencintai lingkungan hidup, terpenting lagi katanya adalah punya kemauan untuk menulis tentang masalah yang ada di lingkungannya.
” Kalau kita belum bisa merubah kebijakan, belum bisa punya peran, tentunya menulis merupakan satu cara untuk mengabarkan persoalan ke masyarakat ” Ucapnya.
Untuk diketahui, pada oktober mendatang akan dilaksanakan pementasan naskah Subversif! dengan aktor-aktor dari Jakarta, antara lain, Rifnu Wikana, Dinda Kanya Dewi, Kartika Jahja, dan Sita Nursanti. Dalam pementasan ini juga akan hadir Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Stik Traavik sebagai dukungan terhadap pementasan Subversif!, kepada Kalteng dan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *