Home » Berita Media » Rieke Pitaloka Pentaskan Monolog Tiga Perempuan
ANTARA||http://www.antaranews.com/print/94491/

Rieke Pitaloka Pentaskan Monolog Tiga Perempuan

Jakarta (ANTARA News) – Artis Rieke Diah Pitaloka bersama Niniek L. Kariem dan Ria Irawan akan mementaskan teater “Monolog Tiga Perempuan” di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, pada 8-9 Maret 2008.

Pementasan teater produksi Institut Ungu dan Yayasan Pitaloka itu diselenggarakan untuk memperingati Hari Perempuan Sedunia pada 8 Maret.

“Kami ingin memaknai Hari Perempuan Sedunia dengan sesuatu yang kreatif, kritis, dan estetis,” kata Rieke.

Naskah “Monolog Tiga Perempuan” ditulis Rieke dan Faiza Mardzoeki, disutradarai Zuki a.k.a Kill The DJ dari Yogyakarta.

Zuki sebelumnya terlibat dalam produksi monolog Butet Kertarajasa bertajuk “Sarimin” di TIM belum lama ini.

Acara itu melibatkan pula Chandra Hutagaol dalam videografi, dan tata suara sekaligus tata musik oleh Yoseph Herman Susilo, serta tata cahaya oleh Aziz Dying.

Rieke mengungkapkan, banyak kegelisahan atas situasi perempuan di Indonesia saat ini seperti soal cinta, seks, rumah tangga, politik, dan kekuasaan akan diungkap tuntas dalam monolog.

“Monolog ini sarat dengan sentilan kritis, ada banyak kelucuan, sekaligus keharuan yang menyeruak di dalamnya,” ujar pemeran Oneng dalam serial sinetron humor Bajaj Bajuri itu.

Keunikan monolog itu, katanya, tidak saja menghadirkan tiga perempuan dalam berteater tetapi juga dilengkapi karya seni video dan musik unik.

Properti panggung minimalis, memanfaatkan video rekam yang diintegrasikan sebagai latar panggung sekaligus naskah cerita.

Rieke mengharapkan karyanya dapat direnungkan dengan seksama khususnya apa yang dialami perempuan sekaligus sebagai refleksi situasi politik aktual.

Setelah pentas di Jakarta, monolog Tiga Perempuan bakal tampil di Banda Aceh dan Bandung. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *